歡 迎 您 來 到 我 生 活 日 記 ( ^ . ^ ) \/

我 過 得 每 一 天 是 能 讓 我 慢 慢 成 長 的 ..
我 們 要 學 會 獨 立 ..
我 們 要 不 斷 地 一 直 學 好 的 ..
我 們 的 人 生 充 滿 快 樂 和 幸 福 如 果 我 們 會 好 好 珍 惜 ..
想 信 自 己 會 改 變 跟 好 ..
相 信 有 一 天 我 會 证明 給 自 己 說 .. 我 一 定 能 改 ..
我 們 的 身 心 不 斷 地 在 變 化 ..
簡 單 就 好 ..
寬 容就 好 ..
平 凡 就 好 ..

凡 凡 我 的 名 字

Foto saya
hadapilah kehidupan ini dengan kedamaian...

朋 友 們

Senin, 27 Februari 2012

佛教靠我 Buddha dharma depend on me


Selama ini kita menjalani kehidupan sehari-hari, tidak pernah terhindar dari masalah keluarga, masalah pribadi maupun masalah pekerjaan, karena kita mengerti hidup di dunia ini selalu ada masalah untuk kita lebih dewasa menghadapinya. Kadang kita menghadapi masalah, banyak sekali orang yang lupa akan mempratekkan Buddha dharma sehingga menyelesaikan masalah bukan dengan cara yang bijaksana malah dengan emosional, dengan keegoisan, sehingga membawa kesulitan diri sendiri. 
 Kebanyakan orang memilih untuk menghindari masalah, memilih untuk stress, memilih untuk bertengkar, serta ada yang memilih mencari jalan kematian, ini adalah keputusan yang konyol. Ingat apa yang telah diajarkan oleh guru pembimbing kita, Master Hsing Yun, pernah berkata kita harus ada kepercayaan diri yang kuat terhadap kalimat “ Buddha dharma mengandalkan aku (Buddha dharma depend on me)”. 
Mengapa begitu? 
karena diri sendirilah yang hendak mempratekan dharma, menjalankan dharma, serta melindungi dharma. Janganlah hanya sebagai orang yang senantiasa mengikuti agama Buddha tanpa mengetahui tujuan sebenarnya, alias  Agama Buddha KTP. Kita belajar menyembah Buddha, belajar mengikuti sekolah minggu, belajar membaca doa, belajar menjadi sukarelawan, tetapi tidak mengerti arti tujuan yang selama ini kita lakukan. Selalu berpedoman bahwa “Buddha dharma depend on me”, maka diri sendiri yang harus memulainya, dengan menjalankan dharma, mempratekan dharma dikehidupan sehari-hari. Masalah yang paling umum dan yang paling sering kita ketemu seperti menghadapi gosip, apabila anda tidak membicarakan gosip, tidak menyebarkan gosip, tidak mendengarkan gosip, tidak menghiraukan gosip,maka anda sudah berhasil memutuskan awal masalah besar yang terjadi di sekitar anda, serta  itulah dasar pelatihan diri dari tujuan kita belajar agama Buddha. 
Tujuan belajar agama Buddha, untuk kita dapat melatih diri, membina diri menjadi lebih baik, belajar melepaskan dari 3 kesengsaraan, yaitu kebencian, keserakahan dan kebodohan, belajar menjalankan apa yang diajarkan oleh Buddha dharma dan bukan belajar memohon Buddha, belajar mencari kebahagiaan melalui Buddha dharma dengan cara menyebarkan cinta kasih kepada semua mahkluk hidup, belajar menjadi seorang yang bijaksana serta orang yang dewasa menghadapi kerisauan duniawi ini. Salah satu tujuan belajar buddha dharma juga untuk mengurangi masalah, seperti belajar melepaskan 3 kesengsaraan, maka anda juga akan dapat terbebas dari penderitaan. Percayakah anda? Kebencianlah yang membawa malapetaka dan membawa anda dendam serta berbuat sesuatu untuk merugikan orang lain, keserakahan yang membawamu menderita apabila keinginan anda tidak terpenuhi dan kebodohan yang membawa anda mencari penderitaan.
Percayalah kekuatan dari kalimat “Buddha Dharma Depend on me”  yang membuat anda sadar bagaimana mencari kehidupan anda, selalu tertanam dipikiran bahwa, karena AKU lah maka masalah ini terselesaikan, karena AKU lah maka teman-teman dapat mengenal Buddha Dharma, karena AKU lah maka masyarakat luas ini dapat mempratekan dharma di kehidupan sehari-hari, Karena AKU lah maka mereka dapat terbebas dari penderitaan, karena AKU lah maka buddha dharma dapat berkembang, karena AKU lah yang mengandalkan buddha dharma maka dunia ini menjadi indah sejahtera.

Ingatlah, Anda tidak perlu takut akan dikalahkan orang lain, karena orang yang mengalahkan diri anda sendiri bukan orang lain melainkan diri anda sendiri. Bersyukurlah anda dapat bertemu dengan masalah duniawi ini sehingga anda dapat belajar mempratekan dharma, belajar menjalankan dharma , serta membuat keputusan yang bijaksana .


Buddha dharma mengandalkan AKU, ANDA, KAMU, KITA, KALIAN untuk berbuat sesuatu yang baik dan berguna kepada masyarakat kita, selalu berpedoman terhadap Buddha dharma, maka kerisauan apapun dapat terselesaikan, kebahagiaan akan selalu mengikuti kita. 佛教靠我﹐靠你﹐靠他﹐靠大家 .

Terima Kasih Amithofo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar